Program Kolaborasi Antara
Cicombrains Indonesia dan
Magister Manajemen Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada

HRBP-Title-Left

Strategic HRBP Program
How to Become A Strategic HR Partner to Business


1 September 2018 (Sabtu) - 6 Oktober 2018 (Sabtu)
Total 8x Pertemuan


Investasi Program: Rp 18.000.000,-

Harga spesial pendaftaran sebelum 30 Juli 2018: Rp 15.000.000,-

Investasi ini meliputi: investasi seminar, makan siang dan coffee break, materi dan alat tulis, sertifikat.



Tempat:
Kampus magister management universitas gadjah mada
Jl. Dr. Saharjo No. 83, Tebet, Jakarta Selatan
Telp. : (+62 21)8730.0333 / 83700339

Batas akhir pendaftaran: 10 agustus 2018
*program diselenggarakan dalam bahasa indonesia

Target partisipan:
20 orang

Tujuan pelatihan & partisipan sasaran


Strategi bagi perusahaan adalah cara untuk menemukan potensi yang ada dalam diri perusahaan dan gambaran peta untuk membuka jalan demi memenangkan persaingan. Manusia adalah sumberdaya yang dapat menjadi penopang keunggulan kompetitif yang berkelanjutan perusahaan, karena memiliki tiga potensi, yaitu bernilai (valuable), langka (rare), tidak mudah ditiru (inimitable), dan tidak mudah digantikan (unsubstitutable).



(Barney, 1991). Agar perusahaan tidak hanya adaptif tetapi juga lincah membuat perubahaan organisasional, maka keberadaan “HR Business Partner” menjadi prasyarat utama. Pemimpin dan Profesional SDM (HR Professional) yang menaungi “HR Business Partner” dituntut untuk dapat memahami lingkungan makro dan mikro yang selalu berubah apalagi di era ekonomi berbasis pengetahuan sekarang ini.



TUJUAN

Program ini bertujuan untuk mempersiapkan Profesional SDM menjadi seorang Strategic Business Partner yang kompeten dalam mendukung pemimpin bisnis dalam pencapaian sasaran strategik perusahaan. melalui peningkatan kapasitas Manajemen Talenta dan peningkatan Kapabilitas Organisasional.

PARTISIPAN SASARAN

  • Profesional SDM dengan pengalaman kerja minimal 5 tahun
  • Manajer SDM, HR Business Partners






METODA PEMBELAJARAN

Pelatihan disampaikan melalui

  • Diskusi studi kasus (baik kasus lokal Indonesia maupun multinasional)
  • Experiential learning atau pembelajaran melalui pengalaman personal dan refleksi di dunia kerja


Rencana Skedul


(8.30 - 16.30)
9.00 - 12.00
- Pembukaan oleh MC
- Studi kasus dan diskusi
12.00 - 13.00
Makan siang
13.00 - 16.00
Knowledge transfer oleh akademik/praktisi profesional di bidang HR
16.00 - 17.00
Daily take out dan diskusi projek kelompok

Moduls

Module 1 Growth Strategy (Roles of HR Business Partner)
Module 2 Business Acumen (Finance for HR & HR Analytics)
Module 3 Cultural Transformation (Develop a Winning Organization Culture)
Module 4 Organization Development (Managing Change)
Module 5 Capability Building (Grow People to Grow Business)
Module 6 Engaging as HRBP: Project Presentation and Final Review

Studi Kasus

( Kasus dapat berubah sesuai kebijakan pengajar )


  • Pfizer: A Journey to Smaller, Better, and Faster.
  • Google: Keeping Google Googley.
  • Takeda America: Creating Capability in a Fast Track Subsidiary.
  • GE's Growth Strategy: The Immelt Initiatives.
  • Innovation and Renovation: The Nespresso Story.
  • PT Dirgantara Indonesia (PTDI): Di Tengah Persaingan Industri Pesawat Dunia.
  • PT Posindo: Memilih Jalan Pengembangan
  • Go-Jek in Indonesia: Seizing Digital Opportunities at the Bottom of the Pyramid.

Fasilitator

Abraham Togatorop (Director, HRBP, ASEAN Cluster at SC Johnson)

Profesional HR dengan pengalaman lebih dari 22 tahun, terutama dalam FMCG industry. Berpengalaman dalam berbagai jabatan HR leadership baik di lokal, regional, maupun global dalam 12 tahun terakhir. Pakar dalam bidang Building Employer Brand, Talent and Leadership Development dan Capability Building, dan sudah memimpin berbagai organization transformation projects di perusahaan-perusahaan besar, meliputi change management programs. Memiliki minat yang besar terhadap people development dan bagaimana menginspirasi professional untuk menjadi seorang great leader.

Laksmi Tobing (Former HRBP Director Unilever Indonesia)

Professional HR trainer, facilitator, coach dengan pengalaman bekerja di Unilever Indonesia lebih dari 30 tahun khususnya dalam bidang Marketing, Sales dan HR. Pernah menjadi HR Transformation Lead di PT Unilever Indonesia Tbk yang salah satunya merubah struktur HR yang tradisionil dan administrative menjadi HR yang strategis dan business partnering.

Sari Sitalaksmi, PhD (Faculty Member FEB Universitas Gadjah Mada)

Akademisi dan konsultan bidang SDM, hubungan industrial dan perubahan organisasional. Berpengalaman dalam membantu perusahaan-perusahan BUMN, perusahaan swasta nasional, pemerintah daerah dan lembaga pemerintah selama 18 tahun. Menjadi anggota Komite Pelatihan Vokasi Nasioal Kementerian Ketenagakerjaan dan tenaga ahli di berbagai Kementerian.

Yussi Santoso, sHRBP (HR Director PT.Mulia Industrindo,Tbk)

Pakar HR dalam bidang recruiting, training, organization development, C&B, talent management system, performance management system, dan personal HRIS. Memiliki pengalaman dalam berbagai industry, meliputi contractor, pharmaceutical manufacturing, retail fashion, banking, tobacco sales and distribution, dan beberapa industri lainnya. Memiliki passion yang besar terhadap bidang pengembangan sumber daya manusia dan organisasi.

Mira Soetjipto (Human Resources, Technology and Strategy Management Director The Body Shop Indonesia)

Saat ini menjabat sebagai Direktur HR, IT dan Strategi Management The Body Shop Indonesia. Sebelum bergabung dengan The Body Shop Indonesia, menjabat sebagai Human Resources Director di Microsoft Indonesia. Memulai karir tahun 2001 di Citi Indonesia sebagai Management Associate, dan pernah ditempatkan di Citibank Asia Pacific di Singapore selama 1,5 tahun untuk me-manage program Learning and evelopment for the Retail Bank businesses. Setelah kembali, beliau bergabung dengan Human Resources Team rotating from Leadership & Talent Management, Performance Management, kemudian HR Business Partner dimana beliau mengepalai HR function for Consumer Finance, Retail Bank dan Risk Management businesses. Beliau juga mengepalai Regional HR Projects dan Workforce Planning Management untuk seluruh wilayah Citi Indonesia.

Nanang Chalid (HR Director and Country Head for Employer Brand at Unilever)

Praktisi dalam bidang Talent Management, Leadership dan Organization Development. Berpengalaman sebagai HR Business Partners khususnya dalam HRBP for market-facing functions (Marketing, Consumer & Market Insight, Customer/Business Development) dan corporate/enablers functions (Finance, R&D, Manufacturing/Supply Chain). Memprakarsai dan mengimplementasi sustained strategic HR initiatives, baik di tingkat national maupun regional dalam major SEA markets dan berpengalaman di C-suite stakeholders, dengan berbagai inovasi HR untuk mewujudkan visi dan target jangka panjang perusahaan.

Nerfita Primasari (HR and General Services Director, MNC Bank (tbc))

Memulai karir sebagai Human Resources Representative di PT Digital Astra Nusantara pada tahun 1996-1998. Dari 1998 sampai 2003 bekerja di Hewlett Packard Indonesia sebagai Human Resources Services Advisor, dan melanjutkan karir sebagai Country Human Resource Manager di PT SAP Indonesia pada 2003-2004. Setelah itu kembali bekerja di Hewlett Packard Indonesia tahun 2004-2005 sebagai Human Resource Program Manager untuk South East Asia Total Reward., dan melanjutkan karir di Citibank N.A Indonesia dengan posisi terakhir sebagai Senior Vice President - Global Consumer Banking HR Head. Bergabung di MNC Bank sebagai Human Resources & General Services Director, dan saat ini berkarir di PT ISS Indonesia sebagai People & Culture Director.

Steven Yudianto ( HRBP Director Danone Aqua)

Memiliki passion yang besar dalam HR Executive expert on Organization and People Development, khususnya di Change Management, Corporate Culture, Leadership Development Strategy, Talent Management, Corporate University Set Up dan Learning Methodology. Dengan background yang kaya sebagai pengajar, konsultan, dan praktisi, berhasil membantu sebuah corporate university menjadi salah satu Top 100 companies di Indonesia, baik local maupun multinasional. Berpengalaman dalam memimpin organizational transformation, dan seorang expert panelist dalam berbagai Asia Pacific HR Conferences.

Ibnu Agung Mulyanto (Deputy HR Director, HSBC Indonesia)

Senior HR professional di banking industry dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Memulai karir sebagai HR and Organization consultant, dan menempati posisi HR leadership di berbagai perusahaan multinasional. Berpengalaman memimpin organization transformation dalam skala besar, dengan latar belakang change management yang mumpuni. Sangat menyukai sepak bola dan sering menggunakan metafora dalam permainan saat mengajarkan prinsip-prinsip manajemen.

Prof. Dr. Eduardus Tandelilin, MBA.,CWM.

Dosen senior dan Guru Besar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM dalam bidang Business Valuation, Capital Market, Corporate Finance, Corporate Governance, Risk Management. Penulis berbagai buku teks yang menjadi referensi utama pada sekolah bisnis/ keuangan di Indonesia dan penulis research paper yang diterbitkan di berbagai jurnal internasional. Direktur Program MM FEB UGM.Berpengalaman sebagai konsultan dan instruktur kursus/pelatihan dibidang Wealth Management, risk management, Securities Analyst. Memperoleh gelar Doctorandus dari Faculty of Economics, Universitas Gadjah Mada. Master of Business Administration dari University of Scranton, Pennsylvania, USA. Doctor of Business Administration dari University of Philipines Diliman.

Prof. Djamaludin Ancok, Ph.D, Psikolog

Doktor (Ph.D) bidang Psikologi Sosial dan Industri, Indiana University, USA 1982. Saat ini mengajar di Master of Management, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, serta International University Program, di Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada. Pengajar dan Direktur Doctoral Program in Psychology di Universitas Gunadarma. Konsultan dan trainer untuk Human Resources and Organizational Developmennt di berbagai perusahaan baik nasional maupun multinasional. (Caltex Pacific Indonesia, Pertamina, Medco Energy, Alcon Novertis, Pertamina, NISP BANK, PLN, Lembaga Penjamin Simpanan, Bank Indonesia, Bank DKI, Bank NISP, Bank Jawa Barat, BPJS, dll).

Detail schedule

PERTEMUAN 1
(SABTU, 1 SEPTEMBER 2018
Growth Strategy (Roles of HR Business Partner)
SESI PAGI
(9.00 - 12.00)
Diskusi Kasus mengenai:
- Impact of business challenges to HR strategy.
- Current HR trends.
- Different role of HR.
- How HRBP fits into organization.

SESI SIANG
(13.00 - 16.00)
Knowledge transfer mengenai:
- Industrialization and globalization impact to HR function.
- National labor issues in Indonesia.
- Future trends in HR.

(16.00 - 17.00)
Persiapan Group Project.
PERTEMUAN 2
(SABTU, 8 SEPTEMBER 2018
Business Acumen (Finance for HR & HR Analytics)
SESI PAGI
(9.00 - 12.00)
Studi kasus mengenai “kesadaran dan pemahaman pentingnya mengerti bisnis secara keseluruhan untuk seorang profesional HR, bagaimana sebuah bisnis menghasilkan profit”
- The ROI of HR intervention.
- The use of HR analytics (fact-based HR analytics).
- HR scorecard.

SESI SIANG
(13.00 - 16.00)
Knowledge transfer mengenai:
- What your CEO wants their HRBP knows about the business.
- How to read P/L statement and interpret financial statement.
- Compare financial statements of two firms in the industries.

(16.00 - 17.00)
Persiapan Group Project.
PERTEMUAN 3
(SABTU, 15 SEPTEMBER 2018
Cultural Transformation (Develop a Winning Organization Culture)
SESI PAGI
(9.00 - 12.00)
Studi kasus mengenai:
- Impact of globalization.
- Managing different culture in work place.
- Managing diversity (gender, generation).

SESI SIANG
(13.00 - 16.00)
Knowledge transfer mengenai:
- Smart ways to understand cultural difference between countries (Hofstede 6 Dimensions Model).
- The best culture to perform (how to incorporate organizational culture dynamics).

(16.00 - 17.00)
Persiapan Group Project.
PERTEMUAN 4
(SABTU, 22 SEPTEMBER 2018
Organization Development (Managing Change)
SESI PAGI
(9.00 - 12.00)
Studi kasus mengenai:
- Role of HR leader in critical business change.
- Restructuring, turn around, merger & acquisition.

SESI SIANG
(13.00 - 14.00)
Knowledge transfer mengenai:
- Mastering employee relation.
- Managing change.
- Organization theory.

(16.00 - 17.00)
Persiapan Group Project.
PERTEMUAN 5
(SABTU, 29 SEPTEMBER 2018
Capability Building (Grow People to grow Business)
SESI PAGI
(9.00 - 12.00)
Studi kasus mengenai:
- Building entrepreneurship.
- How to breed innovation.

SESI SIANG
(13.00 - 16.00)
Knowledge transfer mengenai:
Program in capability building
- Talent management.
- Capability building includes new capability.
- Coaching and mentoring.
- Different tools: E-module, Experential learning.

(16.00 - 17.00)
Persiapan Group Project.
PERTEMUAN 6
(SABTU, 6 OKTOBER 2018
Engaging as HRBP: Project Presentation and Final Review
SESI PAGI
(9.00 - 12.00)
Review studi kasus dan sharing session bersama HR top guru
- Sharing weekly take outs antar partisioan.
- Group final presentation.

SESI SIANG
(13.00 - 16.00)
Final review group presentation, Q&A, final closing remark, upacara penutup dan pemberian sertifikat

(16.00 - 17.30)
Celebration Party.